Sabtu, 12 Juli 2014

Kumpulan resep aneka kue basah

Kue basah tradisional biasa juga disebut dengan jajanan pasar. Indonesia kaya akan makanan khasnya apalagi kue basah, bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya, berikut ini ada beberapa resep kue basah yang bisa dipraktekan di rumah.
Sagu Mutiara
Sagu Mutiara
Kue basah yang satu ini terkanal dengan sebutan kue cantik atau sagu mutiara. Teksturnya lembut dan rasanya manis. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue ini adalah 50 gram pacar cina (rebus), 800 ml santan kelapa, 100 gram gula pasir, 75 gram tepung hunkwe, ½ sendok teh garam, 2 lembar daun pandan, plastik atau daun pisang untuk membungkus, secukupnya. Cara membuatnya, pertama didihkan air, masukkan pacar cina kemudian rebus hingga matang dan terlihat bening, angkat, saring lalu siram dengan air dingin, tiriskan. Masak santan, gula pasir, tepung hunkwe, garam dan daun pandan sambil terus diaduk hingga mendidih, angkat. Masukkan pacar cina, aduk rata lalu sendokkan adonan ke atas selembar plastik atau daun. Lipat plastik di sisi kiri dan kanan, lipat bagian sisanya ke bawah agar lipatan tidak lepas. Dinginkan hingga mengeras dan siap dinikmati.
Kue Lupis
Kue LupisPanganan yang terbuat dari ketan ini rasanya legit dan manis. Lupis merupakan salah satu jajanan pasar yang paling digemari, untuk membuatnya sangat mudah, berikut bahan-bahannya : 300 gram beras ketan (rendam 1 jam, tiriskan), ½ sendok makan kapur sirih, ½ butir kelapa (parut kasar), 2 lembar daun pandan, siapkan daun pisang dan tali secukupnya. Bahan kuah gula merah, 400 gram gula merah (sisir halus). 250 ml air, 2 lembar daun pandan. Cara membuatnta, campurkan air kapur sirih dengan beras ketan, aduk rata lalu masukkan dalam lembaran-lembaran daun pisang yang sudah dibentuk segitiga lalu ikat dengan tali. Rebus dalam air mendidih selama 5 jam hingga matang, sisihkan. Membuat kuah, rebus air, gula merah dan daun pandan hingga kental, angkat dan saring. Sedangkan kelapa parut, daun pandan dan garam dikukus selama 15 menit. Gulingkan kue lupis di atas kelapa, tata dalam piring saji lalu sirami dengan kuah gula merah. Kue lupis siap disantap.
Kue Carabikang
Kue Carabikang
Kue carabikang paling enak dimakan dalam keadaan hangat sebagai teman minum teh di kala senja. Bahan yang diperlukan 350 gram tepung beras, 50 gram terigu, 150 gram gula pasir, ½ sendok teh garam, 700 ml santan, 3 tetes pewarna merah dan 3 tetes pewarna hijau. Bahan biang, 2 sendok makan tepung beras dan 150 ml santan. Bahan olesan, 100 ml santan. Cara membuatnya, masak bahan biang sambil terus diaduk sampai meletup-letup. Angkat dan segera tuang ke dalam campuran tepung beras, tepung terigu, gula dan garam. Aduk rata menggunakan sendok kayu. Setelah adonan hangat, tuang santan sambil terus diaduk, lamanya hampir 30 menit. Siapkan dalam wadah berbeda, ambil 4 sendok makan adonan, beri pewarna merah. Di wadah lainnya ambil juga 4 sendok adonan lalu beri pewarna hijau. Panaskan cetakan. Jika cetakan sudah panas merata, tuangkan adonan dalam cetakan setinggi ¾ cetakan. Teteskan adonan pewarna merah dan hijau satu per satu menurut selera. Panggang sampai kue terlihat berlubang dan matang. Jika sudah matang, cungkil bagian bawah adonan, tahan sampai merekah, angkat, lalu olesi permukaan kue dengan bagian bawah kue dengan bahan olesan. Kue carabikang siap disantap.
Nagasari / Kue pisang
Kue Pisang
Bahan yang diperlukan cukup sederhana, yaitu 250 gram tepung hunkwe, 100 gram tepung tapioka, 200 gram gula pasir, 700 ml santan kelapa, 5 buah pisang raja (kupas dan potong menyerong), 2 lembar daun pandan. Masukkan tepung beras yang sebelumnya telah dilarutkan dengan sedikit air ke dalam campuran santan, setelah itu masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga setengah matang. Jika sudah merata dan mengental angkat adonan. Siapkan daun pisang untuk membungkusnya, ambil beberapa sendok adonan nagarasi, taruh potongan pisang di tengah adonan dan tutup adonan lagi. Bungkus nagasari secara rapi dengan daun pisang, lipat ujung daun dan semat dengan lidi. Bungkus semua adonan sampai habis baru kemudian kukus selama 45 menit. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.
Dadar Gulung
Dadar GulungWarnanya hijau beraroma pandan, rasanya manis. Mengobati rasa rindu dengan mencoba membuatnya di rumah, mudah sekali. Bahan yang diperlukan 100 gram tepung beras, 20 gram tepung tapioka, ½ sendok teh garam, 300 cc santan, 2 sendok makan air pandan suji (bisa menggunakan pewarna hijau), ½ sendok teh air kapur sirih, 1 butir telur ayam, minyak secukupnya. Bahan isi, 200 gram kelapa parut (agak muda), 50 gram gula pasir, 1 sendok makan tepung ketan, ½ sendok makan garam, 2 lembar daun pandan. Cara membuatnya campurkan semua bahan isi dalam wajan dan masak dengan api kecil hingga matang dan tercampur rata, sisihkan. Masukkan semua adonan bahan kulit, aduk hingga merata kemudian saring agar adonan kulit halus. Panaskan panci di atas api kecil, olesi dengan sedikit minyak kemudian tuang adonan dadar dengan ketebalan yang sedang. Angkat dadar dan ulangi adonan hingga habis. Sisihkan dan biarkan agak dingin. Masukkan adonan isi ke dalam masing-masing dadar, kemudian gulung dan atur di atas piring saji. Dadar gulung manis siap disantap.
Kue Mendut
Kue Mendut
Namanya mungkin terdengar asing, karena memang jarang dijual dipasaran. Kue ini biasanya dibuat untuk acara-acara resmi khas Jawa Tengah., Tampillannya berwarna-warni, rasanya gurih, legit karena disajikan dengan siraman santan kental diatasnya. Bahan untuk membuatnya adalah 500 gram tepung ketan, ½ sendok teh kapur sirih, 1 sendok teh garam, pewarna makanan hijau, merah dan kuning secukupnya. 450 ml air hangat, 8 lembar daun pandan, potong-potong. Bahan isi, 200 gram gula pasir, 1 butir kelapa, parut memanjang, 4 lembar daun pandan (potong-potong), 1 sendok teh garam, 200 ml air. Bahan kuah, 750 ml santan, 2 sendok makan tepung beras, garam secukupnya. Cara membuatnya pertama, buat adonan kulitnya terlebih dulu, campur tepung ketan, garam, dan air kapur sirih. Tuangi dengan air hangat sedikit demi sedikit, lalu aduk sampai kalis. Bagi adonan kulit menjadi 3 bagian, beri pewarna pada masing-masing adonan, sisihkan. Untuk memasak isian, campurkan dan masak gula pasir, kelapa parut, gula pandan, garam dan juga air sampai meresap. Setelah adonan isi dingin, isi adonan kulit dengan isian kelapa sampai semua adonan habis. Bentuk bulat-bulat kecil adonan lalu sisihkan. Untuk membuat kuah didihkan santan, masukkan tepung beras dan garam lalu masak sampai mengental, sisihkan. Siapkan daun pisang, bentuk menjadi seperti mangkuk, kemudian tata bulatan warna di dalamnya masing-masing satu warna (merah, hijau, kuning) dalam satu wadah. Tambahkan potongan daun pandan, kemudian siram dengan kuah yang sudah dibuat tadi. Kukus selama 30 menit. Sebelum dikukus, lapisi tutup panci pengukus dengan lap /kain basah agar mendut tidak mudah kering. Selamat mencoba.kumpulan resep aneka kue basah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar